Pesona Blue Fire Kawah Ijen, Banyuwangi

By insight - 11:54 PM



Wisata yang memiliki keindahan kawahnya yang menyala berwarna biru dan satu-satunya yang ada di Indonesia dan selalu ramai dikunjungi turis asing dan lokal itulah yang terkenal dari Kawah Ijen. Wisata Kawah Ijen selalu terjadi peningkatan jumlah wisatawan kata bapak pengelola Kawah Ijen hal ini karena sering dengan meningkatnya popularitas kawah ini. Fakta lain yang mempengarihu melonjaknya pengunjung karena pada tahun 2016 UNESCO menetapkan Gunung Ijen sebagai cagar biosfer dan tentunya bikin penasaran wisatawan asing untuk datang dan menyaksikan langsung. Dengan luas kurang lebih 2.500 hektar Wisat Kawah Ijen masuk ke dalam wilayah cagar alam. Berada di kecamatan licin kabupaten banyuwangi dan kecamatan klobang kabupaten bondowoso yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl di atas permukaan laut yang bedekatan dengan gunung raung. Kawah Ijen terlihat sangat indah dari atas Gunung Ijen dengan danau berwarna biru kehijauan di selimuti kabut dan asap belerang yang berkombinasi indah.



Kawah Ijen merupakan kawah yang mempunyai tinggal keassaman mendekati nol sehingga bisa meleburkan tubuh manusia dengan begitu cepat dan hanya satu satunya di Indonesia. Perjalanan menuju kawah dari pos pertama memakan waktu kurang lebih 2 jam dan pintu masuk ke kawah di buka pada jam 1 pagi. Perjalanan menuju kawah Ijen cukup melelahkan karena medan yang di lalui cukup menanjak dan apabila kalian berangkat pada pagi hari kalian hanya bisa melihat lampu dari sorotan wisatawan saja karena kondisi masih gelap. Perjalanan yang cukup melelahkan ini akan terbayarkan ketika kita sudah sampai di atas melihat sunrise dan keindahan Kawah Ijen
Untuk biaya administrasinya cukup terjangkau dengan kisaran 7500 rupiah untuk tiket masuk wisatawan lokal dan 150.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara pada weekend, sewa masker 25.000 rupiah per orang, toilet 2000, parkir mobil 10.000 rupiah, dan biaya mendirikan tenda 15.000 rupiah per tenda.




Oiya guys gunakan jaket dan masker ya karena pada saat di atas gunung ijen dinginnya 3 kali pada saat kalian di bawah dan jangan lupa memakai masker karena asap belerang nya sangat berbahaya bagi tubuh jika terhirup terlalu banyak. Keindahan Gunung Ijen tidak hanya pada saat bisa menyaksikan blue fire nya saja akan tetapi momen terbitnya matahari pun menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Perjalanan menuju puncak Gunung Ijen sangatlah menguras energi, oleh karena itu siapkan logistik seperlunya untuk menambah energi tubuh kita. Jangan sampai tubuh kita lemas dan tidak bisa optimal menikmati panorama keindahan alam yang mempesona ini dan tidak lupa saya ingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun ya  guys..




  • Share:

You Might Also Like

0 comments