Candi Sambisari (Candi Unik), Yogyakarta

By insight - 12:07 AM



Berkunjung ke kota Yogyakarta tidak lengkap kalau tidak mengunjungi tempat – tempat bersejarah karena kota yogya terkenal salah satunya karena situs peninggalan termasuk candi.  Candi yang akan saya informasikan adalah Candi Sambisari, Ya candi ini merupakan candi yang unik karena keberadaaanya di kira-kira 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah yang berbeda dengan peninggalan candi-candi lain pada umunya. Menurut penjaga candi ini dibangun sekitar abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung, candi hindu ini sempat terkubur material vulkanik Merapi. Dan selanjutnya pada tahun 1996 seorang petani Dusun Sambisari tanpa sengaja menemukan candi yang telah terpendam berabad-abad ini. Setelah dilakukan proses eskavasi, Candi Sambisari pun bisa kembali menampilkan sosoknya yang indah dan megah.  Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pewara atau candi pendamping dengan dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Sepintas lihat Candi Sambisari menyerupai kastil batu yang terletak di tengah taman. Rumput yang tumbuh teratur di pelataran candi laksana permadani hijau yang indah.




Candi Sambisari memang belum cukup terkenal sebagaimana candi- candi lain yang berada di Yogyakarta, saya pun tidak akan mengetahuinya jika teman tidak mengajak berkunjung kesini. Maka candi ini tempatnya cukup tenang, oiyaa di candi ini beberapa kali dijadikan tempat untuk prewedding loh guys. Karena memang tempatnya itu bersih, rapi dan tiket masuknya pun sangat murah sekali. Untuk masuk ke Candi Sambisari kalian cukup mengeluarkan Rp. 3000 untuk tiket masuk dan untu biaya parkir kendaraan Rp 2000 untuk roda 2 dan Rp. 5000 untuk roda 4. Lokasi Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY. Yang berjarak kira-kira 4 km dari candi prambanan. Keindahan Candi Sambisari bisa kalian lihat dari atas guys yang dikelilingi taman yang bertuliskan Candi Sambisari. Karena cuaca di siang hari sangat panas saya sarankan untuk membawa kaca mata untuk melindungi mata kalian karena terik matahari begitu menyengat dan biar agak keren lah :D. Dan untuk lebih j😳mempermuda menemukan lokasinya silahkan klik di bawah ini guys 👇👇👇 





Ketika menaiki tangga pintu masuk ke dalam candi induk kalian akan melihat hiasan berupa makara ( hewan ajaib dalam mitologi Hindu ) yang mulutnya sedang menggangga yang didalamnya terdapat seekor singa. Makara pada candi Ssambisari merupakan evolusi dari bentuk makara di India yang merupakan perpaduan antara gajah dengan buaya yang ekornya membengkok atau dengan seekor ikan. Dan setelah melewati anak tangga pintu terakhir masuk candi induk, kalian akan menjumpai selasar selebar 1 meter dan disekelilingnya terdapat 3 relung yang masing-masing relung terdapat arca. Selanjutnya di sisi Utara, terdapat arca Dewi Durga ( istri Dewa Siwa ) dengan 8 tangannya yang semuanya memegang senjata. Sementara itu disisi Timur terdapat sebuah arca Ganesha (anak Dewi Durga). Dan yang terakhir disisi Selatan terdapat arca Agastya dengan aksamala (tasbih) yang dikalungan di lehernya.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments