Fenomena Alam Di Coban Pelangi, Malang

By insight - 7:49 AM



By: Burhan
Bagi para pecinta pendakian gunung semeru. air terjun coban pelangi sangat tidak asing bagi mereka karena air terjun coban pelangi, wisata air terjun yang berada di sejalur dengan lokasi wisata taman nasional gunung bromo dan semeru. Tempat wisata ini bertempat di sebelum para pendaki gunung semeru memasuki pos pertama pendakian gunung semeru, kendaraan yang mengangkut para pendaki gunung semeru pasti melewati air terjun coban pelangi ini. Air terjun coban pelangi dikenal dengan pelanginya yang muncul di dasar air terjun.  Pelangi ini hanya akan muncul ketika sinar matahari menyinari air terjun ini. Biasanya terjadi sekitar antara jam 9 pagi sampai jam 2 siang. 

Sumber: Google
Jadi jika kalian ingin melihat fenomena pelangi ini harus datang di waktu yang tepat dan cuaca yang mendukung karena jika mendung otomatis tidak akan ada pelangi karena pelangi itu terjadi di sebabkan oleh pantulan matahari ke air terjun. Di Malang Raya memang ada beberapa coban yang cukup terkenal seperti coban talun, coban rais, dan coban rondo. Tempat wisata ini memiliki kemiripan yang khas pegunungan malang raya dengan pemandangan alam yang hijau khas hujan tropis. Harga tiket masukdi air terjun coban pelangi cukup terjangkau, setiap pengunjung dikenkani tarif Rp.6000,-/orang . Untuk tarif parkirnya tergolong wajar hanya membayar 5000 untuk roda 2 dan Rp 10000 roda 4 untuk mobil. Pintu masuk ke tempat wisata Coban Pelangi tidak jauh dari akses jalan. Bagi kalian yang membawa kendaraan roda empat bisa parkir di depan pintu masuk, sedangkan roda dua disedikan parkir didalam. Memasuki area wisata Coban Pelangi ini, kita akan dibawa kejalan setapak yang berkelok naik dan menurun cukup terjal dengan jarak yang akan ditempuh sampai lokasi air terjun sekitar 1 km. Meskipun lumayan jauh dan membutuhkan stamina prima kalian tidak akan bosan guys karena di sepanjang jalur akan dihibur dengan pemandangan alam yang mempesona yang menyegarkan mata. Dan jika kalian sudah merasa lapar atau capek ingin beristirahat sejenak ada beberapa lokasi yang disediakan untuk istirahat dan juga ada warung-warung yang menyediakan beragam makanan. Setelah mengisi tenaga dan melanjutkan perjalanan  kita akan mendapati area camping disisi kanan jalur, lokasi ini tidak terlalu luas tapi bisa menampung beberapa tenda. Menurut petugas yang berjaga, untuk camping di Kawasan Air Terjun Coban Pelangi ini dikenakan biaya masuk berbeda dengan pengunjung biasa, yaitu Rp. 10.000,- per orang. Untuk fasilitas disediakan bagi yang ingin camping adalah kamar mandi dan wc dua buah, selebihnya hanya sebatas lahan camping dan air gratis di Coban Pelangi. 

By: Burhan
Kemudian mari kita lanjutkan perjalanan menuju jembatan cinta, menurut informasi dinamakan demikian karena biasanya pasangan muda-mudi yang melewati jembatan pasti bergandengan tangan. Hal ini disebabkan karena jembatan ini hanya bisa dilewati dua orang saja secara bergantian, jadi makin asyik kalo bergandengan tangan dengan kekasih untuk menambah rasa cinta kepada pasangan. Banyak wisatawan yang mengambil untuk spot foto sambil sejenak beristirahat karena jembatan bambu ini memiliki bentuk yang unik dan klasik jadi tak heran jembatan ini menjadi daya Tarik wisatawan. Setelah melewati jembatan cinta kalian sudah bisa mendengar suara geuruh air terjun karena tinggal beberapa menit kita sudah bisa melihat Coban Pelangi dari dekat.  Selain air terjunnya yang unik, ada keindahan lain yang tampa menjadi fenomena disini, yaitu munculnya pelangi di air terjun. Untuk bisa menyaksikan fenomena pelangi ini kalian tidak bisa melihatnya setiap saat. Karena pelangi hanya muncul saat pantulan cahaya matahari masuk membias diantara percikan air terjun. Waktu yang tepat biasanya sekitar pukul 09.00 - 10.00 pagi hingga siang hari, ketika cuaca cerah. Dan fenomena inilah kenapa Coban ini atau air terjun ini dinamakan Coban Pelangi.  Untuk mencapai air terjun ini, kalian bisa melakukan perjalanan dari kota Malang ke Kecamatan Tumpang arah ke bandara Abd. Saleh.  Setelah Pasar Tumpang ada pertigaan lalu belok ke arah kiri, Setelah itu nanti ada perempatan, kalian silahkan ambil jalan lurus kemudian menuju Desa Gubug Klakah, Poncokusumo. Coban pelangi terletak sebelum pertigaan menuju gunung semeru dan gunung bromo yang melaui jalur tumpang, lokasinya tepat berada sebelum Desa Ngadas. Setelah melewati gubuk klakah kalian akan melihat gapura air terjun coban pelangi pada sisi kanan jalan. Untuk lebih mudahnya silahkan klik maps dibawah ini guys 👇👇


By: Burhan

  • Share:

You Might Also Like

1 comments