Menyusuri Pantai Banyu Tibo, Pacitan

By insight - May 26, 2018



Halloo sahabat traveler kali ini saya ingin bercerita mengenai salah satu pantai yang lagi hits di pacitan. Pantai apakah itu? Pantai ini secara keseluruhan sebenarnya tidak jauh berbeda tipikalnya dengan pantai-pantai di Pacitan pada umumnya, yakni berpasir putih dan memiliki air laut yang bersih dan ombak ciri khas pantai selatan. Hanya ada keberadaan air terjun yang membuat pantai ini terlihat sedikit aneh karena sangat jarang ada pantai yang seperti ini. Air yang jatuh dari tebing merupakan air tawar yang berasal dari sumber air bawah tanah di pegunungan karst yang berada di sekitaran pantai. Pantai Banyu Tibo Pacitan ini menurut saya tidak begitu aneh karena saya juga pernah mengujungi tempat serupa ini di kawasan Malang yang juga dinamai Banyu Anjlok yang artinya juga sama yaitu air jatuh. Yang membedakan tempat ini dengan Pantai Banyu Anjlok di Malang adalah luas dan bentuk air terjunya yang lebar bercabang, untuk lebih lengkapnya kalian bisa membaca Pantai Banyu Anjlok di Malang.


Pantai Banyu Tibo bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi kalian yang ingin menikmati eksotisme pantai selatan di Pacitan yang “aneh” karena jarang fenomena alam seperti ini. Meskipun Pacitan dijuluki sebutan kota seribu goa, namun daerah salah satu penghasil tahu tuna ini juga memiliki deretan pantai pantai yang tidak kalah menarik dengan khas batu karang yang menjulang tinggi dan butiran pasir putihnya yang sangat saya rekomendasikan bagi kalian guys. Pantai Banyu Tibo ini sendiri lokasinya di komplek  yang tidak begitu jauh dari Goa Gong lebih tepatnya di pinggiran Pacitan bagian selatan bernama Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Untuk lebih cepat menemukan lokasinya silahkan klik maps dibawah ini guys 👇👇👇


Asal usul nama “Banyu Tibo” sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang mempunyai arti air yang terjatuh seperti yang sudah saya sampaikan diatas yang hampir mirip dengan Pantai Banyu Anjlok di Malang. Nama ini diambil dari ikon air terjun yang berada di pantai ini. Air terjun ini seakan sudah menjadi identitas dan daya tarik bagi Pantai Banyu Tibo di Kabupaten Pacitan Jawa Timur itu sendiri. Jadi, di pantai ini suasana keindahannya adalah pantai yang bertemu dengan air terjun pegunungan yang mana daerah Pacitan itu sendiri dikelilingi oleh berbagai gunung dari segala penjuru. Bahkan pengunjung harus bertemu dengan pegunungan terlebih dahulu jika ingin berwisata di Pacitan, dari arah manapun juga.


Untuk harga tiket masuk ke Pantai Banyu Tibo ini tidak terlalu mahal, masih sangat terjangkau. Kalian tidak perlu khawatir untuk biaya masuk, untuk anak – anak sendiri akan dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah per orang ketika hari biasa, dan 3.000 rupiah ketika hari libur. Sementara, bagi pengunjung dewasa akan dikenakan biaya 3.000 rupiah per orang ketika hari biasa dan 5.000 rupiah ketika hari libur. Untuk parkir kendaraan pun relatif murah hanya 5.000 untuk roda 4 dan 3000. Untuk roda 2. Jadi bagi kalian yang memiliki budget pas- pasan ingin menikmati keindalahan alam yang mempesona saya rekomendasikan untuk datang ke tempat ini saja guys. Dan jika kalian lapar setelah bermain- main, di pantai ini sekarang juga menyediakan warung-warung kecil di pinggiran tebing pantai.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments