Tuesday, June 26, 2018

Pantai Parangtritis, Pantai Paling Poluler Di Yogyakarta



Tak bisa dipungkiri kota Yogyakarta merupakan salah satu tujuan destinasi wisata favorit para wisatawan asing maupun lokal selain kota besar lainya seperti Bandung dan Bali. Hampir setiap malam di sepanjang jalan utama malioboro seakan tidak pernah sepi dari pengunjung yang terus berdatangan, karena disetiap pekan wisatawan selalu datang mulai dari mahasiswa, anak-anak dan wisatawan asing.  Mungkin yang menjadi pertimbangan pengunjung karena Jogja adalah kota yang ramah dan biaya yang dikeluarkan bagi wisatawan cukup murah di banding kota-kota besar lainnya. Alasan lain mungkin karena fasilitas yang sudah memadai dan cukup membantu wisatawan untuk mengeksplor kota Jogja. Kota jogja merupakan kota wisata yang komplit dan manarik karena banyak kesenian yang lahir dari kota ini, selain itu juga keindahan alamnya, edukasi, budaya dan wahana yang ada begitu menghibur bagi pengunjung yang datang. Nah saking banyaknya tempat wisata di Jogja kalian harus pandai-pandai memilih sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya guys, atau kalian pengen explore semuanya boleh aja kok asal waktu dan biaya kalian cukup. Salah satu tempat wisata yang akan saya bahas kali adalah pantai yang cukup terkenal dan menjadi mascot di Kota Jogja ini.


Panorama di Pantai Parangtritis ini tidak terdapat pada obyek wisata lain, yaitu pantai yang memiliki ombak yang besar dan terdapatnya gunung-gunung pasir disektar kawasan pantai Parangtritis yang disebut dengan gumuk. Pada musim kemarau angin biasanya akan bertiup cepat dan gelombang ombak bisa mencapai ketinggian 2 – 3 meter. Karena ombaknya yang besar maka pengunjung Pantai Parangtritis dilarang untuk berenang di sekitaran pantai karena pihak pengelola menghindari jatuhnya korban dan untuk itu sudah disediakan fasilitas pemandian umum yang bisa digunakan untuk para pengunjung yang ingin berenang dengan aman dan nyaman. Di Pantai Parangtritis ini pihak pengelola juga menyediakan   ATV yang dapat disewa pengunjung dengan biaya sekitar Rp 50.000 – Rp.100.000, kuda dan kereta kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat cukup dengan RP. 20.000. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat yang pas untuk olahraga udara dan surfing karena ombaknya cocok untuk olahraga ini. Untuk fasiltas di Pantai Parangtritis ini cukup lengkap guys karena di pantai ini sudah tersedia penginapan atau hotel di Pantai Parangtritis, Warung jajanan, Toko kerajinan, Toko kelontong dan lahan parkir yang luas. Tiket masuk Pantai Parangtritis sebesar Rp. 5.000,-/orang.
Di Pantai Parangtritis, bukan hanya ada hamparan pasir  pantai yang menawan karena jika kalian menyusuri sisi utara timur Pantai Parangtritis, kalian juga akan menemukan bukit kecil. Pemandangannya dari atas bukit sangat menakjubkan apalagi saat sore, kalian dapat menikmati segarnya hembusan angin pantai sambil menyantap bekal yang sudah kalian bawa. Kalian juga bisa berkunjung ke Bukit Parangndog jika memang menginginkan medan yang lebih menantang. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Parangtritis. Lebih tepatnya silahkan ke perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Di Bukit ini, disediakan sebuah tempat yang khusus untuk olahraga paralayang dan gantole bagi pengunjung. Kawasan tersebut memang dicapai dengan medan yang cukup berat, namun pemandangan yang ditawarkan memang sangat menawan ketika sesampainya di sana.  Lelah akan terbayar dengan pemandangannya yang indah apalagi ketika sang surya sudah mulai tenggelam.


Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling popular di Yogyakarta bagi pengunjung luar kota yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Pantai Parangtritis ini terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta, Kalian bisa klik dibawah ini untuk mengetahui lokasi lebih jelasnya ⤋⤋⤋


Selain kisah misteri tentang Nyai Roro Kidul yang sudah melegenda, Pantai Parangtritis menurut sejarah juga diceritakan sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga setelah Panembahan Senopati usai menjalani pertapaan. Jadi, wajar saja jika selain sebagai tempat wisata, Pantai Parangtritis juga menjadi lokasi yang dikeramatkan bagi sebagian orang karena tidak sedikit ada pengunjung yang datang untuk bermeditasi. Parangtritis ini juga menjadi salah satu tempat berlangsungnya upacara Labuhan dari Kraton Jogjakarta.



Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search