Coban Talun Wisata Alam Instagramable , Kota Batu

By yahya fahmi - March 07, 2018

Coban Talun

Kalian ingin menikmati alam dengan beragam spot yang menarik? dan melihat bunga hydrangea yang cantik? Coban Talun lah tempatnya,  dengan biaya masuk yang murah kalian bisa menikmati keindahan alam dengan background yang intagramable. Coban Talun merupakan salah satu tujuan wisata bagi yang wisatawan yang berkunjung ke kota batu. Untuk menuju ke tempat ini kita harus mengikuti arah jalan ke selecta, tepatnya ke arah pemandian cangar.  Jalan menuju Coban Talun sangat mudah dijangkau, hanya butuh 20 menit dari kota batu untuk sampai ke tempat ini. 

Coban Talun pada awalnya dikenal oleh masyarakat sebagai destinasi wisata air terjun dan tempat untuk outbound. Namun tidak untuk saat ini, Coban Talun yang dikelola oleh perhutani menyedikan tempat atau wahana lain bagi penikmat wisata alam. MaIn ke tempat ini waktu begitu terasa begitu cepat karena memang tempat ini begitu asik. Coban Talun memiliki pemandangan alam yang indah, selain pemandangan air terjun disini kita juga disuguhkan pemandangan taman bunga hydrangea yang memanjakan mata pengunjung. Dengan pemandangan yang asik pengunjung tentunya punya banyak pilihan untuk mencari spot foto yang kekinian. Hydrangea macroohylla merupakan nama ilmiah dari 70-75 spesies tumbuhan berbungan yang berasal dari kawasan Asia Selatan dan Asia Timur seperti (Jepang, Tiongkok, Humlaya, Indonesia) sertaAmerika Utara dan Amerika Selatan. Sebagian besar spesies ini berasal dari Jepang dan Tiongkok. 

Tanaman semak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, namun ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter sesuai tanaman yang di ikuti. Daun ini berbentuk bulat, tepinya beringgit, warnanya enak di pandang mata. Spesies tumbuhan ini tumbuh di daerah beriklim sejuk yang memiliki sifat menggugurkan daun (tumbuhan peluruh), sebagian besar spesies merupakan tumbuhan hijau abadi.
  
Harga tiket masuk ke tempat ini sangatlah murah, bisa dijangkau semua kalangan jadi semua orang bisa menikmati wisata alam yang indah dan sangat disayangkan jika berlibur ke kota Batu tidak berkunjung ke Coban Talun. Harga tiket masuknya 10.000, untuk parkir kendaraan 3000 untuk roda dua dan 5000 untuk roda empat. Coban Talun itu sendiri merupakan air terjun dengan pemandangan alam yang sebenarnya masih terjaga alami. Kalian bisa mencapai air terjun itu dengan berjalan dan melewati hutan pinus yang sangat rindang. Untuk melihat air terjun di Coban Talun pengunjung haruslah berjalan yang lumayan menguras tenaga karena medan yang harus dilewati juga lumayan jauh dan juga naik turun dan waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit. Selama perjalanan menuju air terjun kalian disuguhkan pemandangan alam/hutan pinus yang hijau menyejukkan mata.

Selain pemandangan hutan pinus pengunjung juga dimanjakan dengan kesejukan udara yang memberikan energi baru setiap pengunjung. Wisata ini juga cocok untuk segala usia. Namun untuk manula, sebaiknya tidak ke air terjunnya karena medan yang dilalui dan jarak yang kurang lebih 1 kilometer. Oiyaa guys jika kalian ingin berkunjung ke air terjun sebaiknya tidak pada cuaca waktu hujan. karena jika hujan airnya keruh kecoklatan jadi keliatan kotor jika di foto dan medan yang akan dilewati tentunya juga akan semakin sulit. Di tempat ini tidak perlu takut jika perut sudah mulai minta asupan karena disini banyak tempat yang menjual makanan, jadi siapkan aja uangnya. Wisata coban talun berlokasi di Desa Tulungrejo kecamatan Bumi aji Kota Batu. Tidak hanya mudah dijangkau, namun perjalanan menuju kesana sangatlah asik dengan pemandangan pegunungan dan perkebunan buah apel. Agar lebih mudah menemukan lokasinya silahkan klik maps dibawah ini aja 👇🏻




Selain wahana air terjun dan kebun bunga, di coban talun ini juga ada wahana lain yang tak kalah bagusnya loh. Wahana apakah itu? Apache Camp adalah wahana seperti kampung Indian yang terinspirasi dari suku Apache. Apache Camp ini adalah sebuah wahana yang menawarkan konsep serta pernak-pernik khas suku Indian dan rumah-rumah suku Indian. Di antaranya ada kurang lebih 18 Apache Camp yang ukurannya cukup untuk 3 orang. pengunjung tidak hanya bisa foto saja namun bisa menyewanya untuk keperluan penginapan. Tentunya dengan kapasitas tertentu dan harga tertentu. kalian bisa menginap di Apache Camp ini. Namun tetap bawa jaket yang tebal karena saat malam, pastinya suasana di sana sangat dingin dan bisa jadi fasilitas di sana tidak cukup memberikan kehangatan. 

Selain itu juga ada Wahana Pagupon Camp, Pagupon diambil dari nama sangkar burung merpati. Rumah pagupon ini ada waktu itu masih 5 buah yang disewakan sebagai penginapan. Namun selain itu ada juga fasilitas kantin, rumah pohon, dan beberapa spot foto yang menarik. Ukuran Pagupon Camp sendiri kurang lebih 4 x 3 meter, saat ini masih ada 5 rumah Pagupon yang bisa disewa untuk alternatif penginapan selain Apache Camp. Untuk spot fotonya sendiri terbilang banyak, seperti spot kupu-kupu, spot bunga matahari, dan sebagainya. Agar kalian tidak penasaran dengan kondisi wisata ini coba deh tonton video dibawah ini 👇🏻👇🏻


Secara keseluruan tempat ini layak untuk dijadikan tujuan travelling yang menyejukkan dan asik, karena ditinjau dari fasilitas yang lumayan baik dan harga masuk yang murah menjadikan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Batu. Pergilah bersama mereka yang asik agar liburanmu berkesan. Tak lupa selalu mengingatkan untuk kepentingan kita semua agar selalu menjaga tempat- tempat wisata lebih tepatnya (lingkungan) demi kenyamanan kita bersama.  Ada wahana baru lagi nih coba deh simak juga video dari team amazing malang ini guys 👇🏻👇🏻


Kalian ingin membuat foto prewedding di alam terbuka? Itu pilihan yang sangat bagus, loh! Keindahan alam terbuka dapat kalian manfaatkan untuk menciptakan momen yang indah dan tentunya itu dapat mengenang suatu saat nanti. Coban Talun ini juga salah satu tempat yang sering di jadikan foto prewedding, banyak yang sudah melakukan foto prewedding disini karena keindahan alamnya masih terawat dengan baik. Keistimewaan foto outdoor atau di alam terbuka dibandingkan dengan indoor adalah hasil foto yang terlihat lebih natural dan suasana foto lebih beragam dan menarik, sedangkan kalau indoor memiliki keterbatasan kreasi dan lokasi.

Dengan bergandengan tangan saja dengan latar belakang alam yang asri, foto prewedding sudah bisa terlihat begitu indah. Untuk foto prewedding di alam terbuka tanpa tambahan banyak dekorasi, tentu yang paling penting adalah ekspresi objek yang di foto. Maka dari itu, berbahagialah! Dengan bahagia, aura setiap pasangan akan keluar dan foto yang diambil oleh kalian akan tampak begitu luar biasa!





 







  • Share:

You Might Also Like

0 comments