Puncak Becici Imogiri Yogyakarta, Kabur Dari Polusi ๐Ÿ˜

By yahya fahmi - April 21, 2018



Haii haii ... apakah kalian penat, suntuk atau bosan dengan suasana perkotaan? cobalah menikmati udara sejuk dan pemandangan hutan pinus yang masih asri ini. Sore hari adalah waktu paling bagus jika ingin menikmati panorama di sini karena suasana sore di Puncak Becici tidak panas, panaromanya juga bagus dan menyegarkan mata. Perjalanan menuju Puncak Becici dari pintu masuk sampai pada lokasi puncak sangat sedap di mata karena selama perjalanan kami disuguhi pemandangan hutan pinus yang keren dan rindang. Setelah sampai puncaknya rasa lelah seakan mati begitu saja. 


Tahukah kalian jika pohon pinus ini banyak terdapat di hutan-hutan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia sengaja menanam pohon pinus untuk dimanfaatkan kayu dan getahnya serta konservasi lahan. Pohon pinus ini hampir semua bagian pohonnya bisa dimanfaatkan loh guys, seperti bagian batangnya dapat disadap diambil getahnya yang kemudian getah pinus dapat diolah menjadi bahan pengencer cat. Dan hasil kayunya juga bermanfaat untuk konstruksi, korek api, pulp dan kertas serat panjang. Selain untuk membuat kertas, manfaat lainnya adalah keindahan dan aroma pohon pinus sangat menyegarkan untuk manusia. Aroma dari pinus juga digunakan sebagai terapi. 

Kelebihan tempat wisata Puncak Becici ini adalah para wisatawan selain bisa menikmati pesona alam di puncak bukit, wisatawan juga bisa menikmati suasana hutan pinus yang damai dan tenang sambil duduk-duduk santai di kursi yang telah disediakan sembari menyegarkan otak dari segala hiruk pikuk yang ada, dengan menikmati segala keindahan yang di berikan Tuhan kepada kita. Kita disini bisa memandangi pohon pinus yang menjulang tinggi, merasakan angin sepoi-sepoi dan juga menikmati segarnya udara yang bebas dari polusi. Mungkin video di bawah ini membatu kalian untuk mengetahui situasi wisata ini lebih jelasnya ๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป


Dari sisi kesehatan, pohon pinus juga menyimpan manfaat lain seperti kandungan flavonoid dan vitamin C pada kulit pohon dan daun jarumnya. Selain itu, pohon ini juga sarat dengan antioksidan sehingga dapat memperlancar peredaran darah, menghilangkan rasa nyeri di lutut dan obat untuk meningkatkan daya ingat pada lanjut usia. Hutan pinus sebagai tanaman penghijauan secara alami sangat bermanfaat untuk mengurangi lahan longsor karena mempunyai perakaran yang cukup dalam. Itulah beberapa manfaat yang diberikan pohon pinus untuk kelangsungan hidup manusia, so.. jaga dan rawat ya alam kita supaya ekosistem kita terus bisa dinikmati generasi selanjutnya.  

Selain fungsi alam, keberadaan pinus sebagai hutan yang bisa digunakan sebagai lokasi wisata yang sudah banyak dikembangkan di beberapa daerah. Menikmati alam, merasakan kesegaran udara di antara pepohonan, sekaligus bermain dan berfoto dengan nuansa yang Instagrammable, menjadikan hutan pinus sebagai tujuan wisata baru yang anti mainstream untuk melepas penat sejenak. Beberapa hutan pinus yang dipakai buat wisata contohnya seperti di puncak becici Yogyakarta ini.


Di Puncak Becici ini juga menyadiakan peralatan penunjang untuk wisatawan, Jika ingin bersantai menggunakan hammock kalian cukup menyewa Rp 20.000 per dua jam dan sedangkan hamock bertingkat dari Rp 15.000-60.000. Puncak Becici merupakan salah satu lokasi wisata dari Blok Mangunan dan blok Mangunan itu terdiri dari 7 blok yang dikelola oleh masyarakat untuk wisata. Untuk menuju kesini, wisatawan bisa melewati jalur Yogyakarta-Wonosari. Akan tetapi pastikan kendaraan yang kalian bawa prima karena jalan yang harus dilalui naik turun dan berkelokLokasi Puncak Becici berada di Gunungcilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Baca Juga ๐Ÿ‘‰๐Ÿป Pantai Bangsring Underwater, Berenang Sama Hiu

Selain buanyak manfaatnya ternyata dalam budaya Korea, pohon pinus melambangkan cinta yang abadi alias everlasting love. Pohon yang tumbuh menjulang tinggi ini melambangkan cinta sejati yang tidak bercabang-cabang, lurus, sekaligus kokoh. Karena itulah beberapa serial drama Korea seperti My Sassy Girl dan Winter Sonata menjadikan pohon pinus sebagai simbol kisah mereka. Nah jika kamu sedang PDKT dengan seseorang, tak ada salahnya kamu ajak dia jalan-jalan ke hutan pinus. Selain bisa memenukan suasana yang nyaman, kamu pun bisa berkisah tentang filosofi cinta ala pohon pinus. Diperlukan waktu kurang lebih satu jam menuju lokasi ini dari pusat Kota Yogyakarta mengunakan kendaraan pribadi. agar kalian mudah menemukan lokasinya silahkan klik maps dibawah ini guys ๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป


Tempat wisata ini memang cocok bagi para penggunjung yang menyukai ecowisata, seperti alamnya yang masih asri dan hijau, udara yang masih segar dan dingin, ketenangan ditengah-tengah hutan pinus dan juga bisa merasakan sensasi naik ke atas pohon sembari memandang panorama disekitar. So.. jika kalian ingin menikmati liburan kesini pastikan sampah kalian tidak merusak pemandangan dan keindahan tempat ini. Semua itu ada tempatnya termasuk sampah mu. Menikmati keindahan alam di Puncak Becici, wisatawan dikenakan biaya masuk Rp 2.000, parkir roda doa Rp 2.000, mobil Rp 5.000. Pucak Becici terbilang nyaman karena disini menyediakan berbagai fasilitas, seperti mushala, toilet, dan outbond yang cukup terawat. 

Baca Juga ๐Ÿ‘‰๐Ÿป  Menyegarkan Tubuh di Sumber Jenon, Malang


Jangan lupa untuk mengunjungi juga tempat wisata di Yogya lain dibawah ini ya guys: 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments