Berkunjung Ke Pantai Ngudel, Salah Satu Pantai Selatan Malang

By yahya fahmi - May 06, 2018


Siapa yang tidak suka berlibur ke pantai? Masyarakat Indonesia hampir semua suka jika diajak berwisata ke pantai, terlebih di tengah musim panas. Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok sekali untuk bersantai, berkumpul, dan melepas penat. Pantai yang akan saya ulas kali ini adalah Pantai Ngudel yang berlokasi di Malang selatan. Kota Malang tidak hanya melulu terkenal dengan cuaca dingin yang disukai oleh kebanyakan mahasiswa luar kota, namun wisatanya juga menarik untuk di explore. Ciri khas pantai Ngudel adalah adanya sebuah batu karang mengerucut yang sekilas mirip seperti keong. Letaknya tak jauh dari bibir pantai dan kerap dijadikan latar belakang foto oleh para wisatawan dan termasuk saya juga. Batu karang inilah yang oleh warga lokal disebut mirip udel alias pusar karena bentuknya. Dari situ pula nama Ngudel ini dijadikan nama pantai. Selain karang berbentuk udel ini, Pantai Ngudel juga masih punya beberapa batu karang lain yang fotogenik abis. Pantai Ngudel ini penuh dengan spot Instagramable, kok. Jadi kalian tinggal eksplorasi berbagai sudut untuk mendapatkan foto paling ciamik.


Sebagaimana pantai-pantai lain di Malang yang berada di wilayah selatan Kabupaten Malang yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Karakteristik Pantai Ngudel ini memiliki ombak yang cukup besar. Pasalnya Pantai Ngudel ini memang termasuk deretan pantai selatan yang terkenal dengan keganasan ombaknya. Karena itu jangan heran jika kalian kesini akan menemukan papan-papan bertuliskan peringatan agar para wisatawan tidak berenang atau mandi di laut. Video dari amazing malang dibawah ini akan memberikan informasi bagi kalian yang penasaran akan pantai ngudel ini, tonton deh 👇🏻👇🏻👇🏻

Boleh dikatakan kalau pantai ini termasuk pantai anti mainstream loh guys. Kenapa kok demikian? Karena jumlah pengunjungnya tidak terlalu banyak. Meski begitu, di pantai ngudel ini sudah di bangun loket masuk. Namun, tidak setiap saat ada penjaganya. Jadi bila beruntung kalian bisa masuk gratis tanpa membayar. Dengan suasana yang masih sepi, pantai ini sudah pasti masih sangat natural. Wisatawan bisa bebas menikmati keindahan pantai seolah-olah privat beach. Akan tetapi sangat disayangkan jika liburan ke pantai tidak bisa berenang, namun demi keselamatan mau gimana lagi kan.
Baca Juga 👉🏻 Pandawa Beach, Bali 
Di pantai ngidel ini ada pepohonan yang rindang, bagi wisatawan yang ingin bersantai di pinggiran pantai bisa berteduh sambal duduk-duduk di bawah pepohonan. Terdapat juga gazebo untuk sekedar duduk-duduk bersantai. Bagi kalian yang suka motor trail, tempat ini jadi pilihan yang cocok bagi kalian pecinta motor off road. Rute untuk menuju lokasi pantai ini sangat mudah karena lokasinya berada di pinggir jalan lintas Selatan yang baru di bangun di Malang Selatan.




Pantai Ngudel sendiri lokasinya berada di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan. Jika kalian berangkat dari pusat kota Malang, membutuhkan waktu kira-kira 3- 4 jam untuk sampai ke lokasi pantai ini. Aksesnya memang tidak mudah karena medan jalan yang banyak tikungan dan naik turun, namun cukup sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan setelah sesampainya di pantai. Sejak adanya jalur lintas selatan potensi terbuka dan berkembangnya bisnis industri pariwisata di Malang semakin membaik. Pantai ini suasananya sepi dan natural karena itu pantai ini salah satu dambaan pengunjung. Klik maps dibawah ini aja guys untuk mencari lokasinya 👇🏻👇🏻👇🏻

Kalian tidak perlu cemas guys, meskipun Pantai Ngudel sepi pengunjung namun fasilitas yang diberikan cukup lengkap kok. Selain menyediakan toilet untuk kalian yang ingin membilas atau mandi dan buang air, disini juga ada warung-warung kecil yang menyediakan aneka sajian makanan dan minuman.  Tiket masuk ke Pantai ini cukup dengan 10.000 per orang, di pantai ini juga memiliki area parkir yang luas dan aman.
Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Ngudel seperti berkemah, berfoto, menikmati suasana pantai sambil menikmati makanan dan minuman serta bermain air. Untuk bermain air di Pantai Ngudel saya sarankan kalian harus jeli melihat kondisi ombak, karena ombak yang cukup besar lebih baik jika kalian bermain air di tepi pantainya saja. Setiap pengunjung tentu ingin mendapat tempat terbaik di pantai dan menatap panorama yang ada tanpa gangguan. Maka kalian, sebisa mungkin hormatilah tempat yang sudah dipilih pengunjung lain dengan cara tidak duduk terlalu dekat atau menghalangi pengunjung pantai lainnya. Menurut Hutchinson, jarak yang ideal antara satu spot dengan spot duduk lainnya adalah 1,5 meter.

Bagi orangtua atau keluarga yang berkunjung ke pantai membawa anak-anak, ingatlah untuk selalu mengawasi mereka dan tidak membiarkan anak-anak berkeliaran sendiri. Selain dapat mengganggu pengunjung lain, anak-anak yang tidak dijaga akan lebih berisiko tenggelam atau terseret ombak. Oiyaa guys jangan lupa membawa sunblock jika kulit kalian tidak ingin terlihat gosong karena terik matahari sangat menyengat. .
Jangan lupa untuk mengunjungi juga tempat wisata di Malang lain dibawah ini ya guys: 



  • Share:

You Might Also Like

0 comments