Pantai Teleng Ria: Sunrisenya Puasin Fotografer

By insight - May 22, 2018



Tahukah kalian kalau Pacitan itu terkenal dengan sebutan seribu goa? Disebut begitu karena Pacitan ini dikenal memiliki banyak gua-gua yang indah, diantaranya Gua Gong (Gua Terindah Se-Asia Tenggara), Tabuhan (Batu dapat dipukul dan Berbunyi Seperti Alat Musik Gamelan), Kalak (Gua Pertapaan), dan Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara). Lokasi Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayah administrasinya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat.  Tak hanya terkenal keindahan goanya namun Pacitan juga memiliki seribu keindahan alamnya yang akan membuat wisatawan senang sekaligus terpesona. Potensi yang menjadi andalan Pacitan adalah pantai, ada banyak pilihan pantai yang ada di Pacitan ini. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Teleng ria.
   Seperti pantai pada umumnya di Pantai Teleng ria ini pengunjung bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset jika datang diwaktu yang tepat. Sunrise atau matahari terbit datang pada waktu subuh menjelang pagi. Karea masih sepi udara pada waktu-waktu tersebut masih bersih dan segar sehingga sangat baik untuk dihirup dan bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga 👉🏻👉🏻👉🏻 Coban Pelangi Malang, Fenomena Alami Pelangi
Menurut para fotografer senior cahaya di pagi hari mempunyai tonal warna bersifat lebih “DINGIN” (cooler), hal itu disebabkan saat pagi sedikitnya cahaya yang terpantul pada partikel uap air di udara maka akan menghasilkan warna lebih “kebiruan” dan lebih lembut. Itulah mengapa foto-foto ketika sunset banyak yang berwarna “panas” kemerahan, lebih “keras” (contrast besar), namun saat memotret sunrise bisa menghasilkan warna yang lebih kaya dan bervariasi. Sebetulnya Sunrise mempunyai beberapa tahapan dan bagaimana dampak dari warna, dynamic range dari foto yang kita tangkap. Dibawah ini adalah video singkat yang menggambarkan bagaimana keadaan wisata pantai Teleng ria. 


Di lokasi Pantai Telengria terdapat juga pelabuhan khusus untuk perikanan. Pantai Teleng ria dekat dengan Pantai Tamperan yang memang terkenal karena sektor perikanannya, dan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan di Pacitan banyak UKM yang membuat aneka olahan dari laut di yang di padu padankan dengan makanan favorite masyarakat sehari-hari seperti contohnya tahu tuna yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sudah terkenal di berbagai daerah luar kota pacitan. Pantai Teleng Ria, yang berlokasi tidak jauh dari pusat Pacitan membuat pantai ini menjadi tujuan utama wisatawan yang baru sampai ke pacitan. Untuk lebih mudahnya silahkan klik maps dibawah ini guys 👇🏻👇🏻👇🏻


Keindahan Pantai Teleng Ria akan bertambah cakep dengan lokasinya yang berada di antara pegunungan Limo, dengan begitu kalian bisa menyaksikan pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi membentuk suatu pola huruf “U” yang berdiri mengelilingi pantai yang menjadi penambah kecantikan pantai. Pola huruf lengkungan pantai yang berbentuk "U" dapat dilihat dengan jelas dari atas Wisata Mandi Angin. Dengan keadaan pantai yang demikian maka hal ini yang menyebabkan ombak di pantai ini tidak terlalu besar.  Namun jika kalian ingin melakuakan surfing ada pantai - pantai yang cocok untuk digunakan olahraga tersebut. Karena memang di sini, ombak di sebagian Pantai Pacitan memang sudah terkenal di kalangan peselancar lokal maupun manca negara. Bahkan ada salah satu pantai di Pacitan ini sering menyelenggarakan kejuaraan surfing tingkat Internasional tiap tahunnya. 

Bagi kalian yang kebetulan sedang berwisata di Pacitan dan ingin merasakan ombak pantainya dengan papan surfing maka Pantai Teleng Ria menjadi jawaban. Karena di Pantai Teleng ria ini kalian dapat belajar berbagai macam trik berselancar untuk pemula. Banyak tenaga trainer yang siap membantu mengajarkan dan memandu kalian, dan tidak perlu cemas karena di Pantai Teleng Ria ombaknya cukup ramah atau tidak terlalu besar sehingga memang di prioritaskan untuk para pemula. Jika kalian bermina maka t biaya yang harus kalian bayarkan adalah Rp 70.000 saja untuk biaya papan seluncur Rp 50.000 dan biaya pelatihan Rp 20.000. Fasilitas yang ada di kawasan Pantai Teleng Ria sudah cukup memadai dengan area parkir yang Luas, WC umum serta pantai yang bersih, tak hanya itu saja di dalam kawasan pantai ini juga terdapat Kampoeng Aeir (Water Park) atau permainan air yang cocok untuk bermain balita. Dan untuk menikmati keindahan yang ada, kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 5.000,00 untuk satu orang, dan sudah termasuk biaya parkir.
Baca Juga 👉🏻👉🏻👉🏻 Candi Sambisari, Yogyakarta 


Jangan lupa untuk mengunjungi juga tempat wisata di Pacitan lain dibawah ini ya guys: 





  • Share:

You Might Also Like

0 comments