Coban Ciblungan, Malang: Asiknya Bermain Air Terjun

By yahya fahmi - September 17, 2018


Kota Malang menyimpan berjuta keindahan alamnya yang menjadi tujuan wisata bagi masyarakat lokal maupun manca, hal ini terbukti dengan letak geografis Kota Malang yang dikelilingi oleh Pantai, Pegunungan, bukit, perkebunan dan coban atau air terjun. Berbicara mengenai coban kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tempat wisata yaitu coban yang lagi hits berkat unggahan beberapa temen-temen di social media yaitu Coban Ciblungan. Kota Malang memang dikenal memiliki beberapa coban yang sering di kunjungi karena memang keunikannya dan pesona alamnya, antara lain Coban Pelangi, Coban Talun, Coban Rondo dan Banyak lagi Coban yang lainnya.



Coban Ciblungan merupakan Air Terjun yang mempunyai daya tarik akan keunikannya yang keitinggian ait terjun tidak terlalu tinggi seperti air terjun lain pada umumnya, selain itu Coban Ciblungan memiliki aliran air yang jernih dan tentunya menyegarkan. Yang menjadi perbincangan teman-teman yang ingin datang ketempat ini adalah karena air terjun ini tidak hanya memiliki satu air terjun, melainkan memiliki banyak aliran bercabang yang membentuk air terjun lain di sekitar air terjun utama. Disekitar lokasi ini masih terjaga alami, ketika kalian sampai ke tempat ini akan dikelilingi tumbuhan hijau yang mengelilingi nya yang membuat kalian betah berada disini dan ingin berlama-lama.


Baca Juga 👉🏻👉🏻 Sunset Di Pantai Batu Bengkung, Malang
Air terjun selain menyegarkan dan cocok digunakan untuk berwisata, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa peneliti mengutarakan air terjun juga memancarkan ion negatif bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari air terjun untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menyegarkan tubuh dan pikiran
Seperti manfaat sungai bagi kehidupan sehari-hari, air terjun dapat memancarkan ion negatif yang bermanfaat bagi lingkungan maupun tubuh manusia. Manfaat Ion negatif dapat membersihkan udara yang tercemar polusi, debu, virus maupun bakteri. Dengan menghirup udara bersih dan segar di lokasi air terjun, tentunya dapat membuat tubuh kalian menjadi lebih segar dan pikiran menjadi lebih rileks.

2. Meredakan stress di tubuh
Di samping udara yang bersih di sekitar air terjun, dengan mandi di air terjun yang dingin juga menyegarkan dan mengurangi stress atau penat yang dirasakan tubuh. Ion negatif dari air terjun juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi efek dari ion positif, sehingga stress dan penat yang dirasakan dapat meredah, serta dapat membantu tubuh untuk berpikir lebih jernih.

3. Melancarkan peredaran darah
Salah satu manfaat air terjun bagi kesehatan tubuh paling utama adalah melancarkan aliran darah di dalam tubuh kita. Ketika air terjun yang deras menghantam kulit, itu akan menimbulkan efek seperti pijatan yang dapat mengatasi penyumbatan pada aliran pembuluh darah, maka aliran darah dalam tubuh akan semakin lancar. Jika peredaran darah dalam tubuh normal, maka zat berbahaya atau toxin yang menumpuk di dalam tubuh juga dapat dikeluarkan.

4. Membuat wajah berkilau secara alami
Kecantikan wajah tidak selalu dapat diperoleh dengan melakukan perawatan skincare yang mahal, kalian bisa melakukan perawatan secara alami. Membasuh wajah dengan air terjun yang dingin dan bersih juga akan menjaga kelembaban kulit kita dan itu membuat kulit menjadi lebih kencang. Sehingga wajah akan menjadi tampak lebih terlihat segar dan berkilau atau glowing alami. Lancarnya peredaran darah juga dapat mempengaruhi kelancaran kulit untuk revitalisasi maupun regenerasi. 

5. Merilekskan otot yang tegang

Setelah bekerja dan beraktivitas, hal itu membuat otot akan menjadi tegang dan tidak nyaman untuk digunakan bergerak. Dengan mandi di air terjun membuat otot tubuh kita menjadi lebih rileks dan dapat menormalkan otot yang membesar akibat aktivitas yang berat.
Ketika panorama alam yang disuguhkan sudah bagus seharusnya pihak pengelola mampu memberikan fasilitas yang bagus pula. Pada waktu itu saya datang dengan teman-teman ke Coban Ciblungan ini melihat beberapa fasilitas yang sangat kurang layak dan perlu perbaikan. Jembatan di Coban Ciblungan ini terbuat dari bambu yang keadaannya sudah menghawatirkan dan membahayakan pengunjung. Kemudian fasilitas lain yang memerlukan perbaikan adalah toilet, kami melihat toilet di sini hanya apa adanya, dan terkesan sudah tidak terpakai. Seharusnya pengelola menyediakan toilet yang layak bagi pengunjung untuk memenuhi kebutuhanya. Dan kemudian Saran bagi kalian yang ingin datang ke Coban Ciblungan agar membawa bekal dari rumah karena disekitar Coban ini belum banyak warung dan jauh juga dari tempat wisata.


Baca Juga 👉🏻👉🏻 Sunrise Di Bendungan Lahor, Malang
Coban Ciblungan ini lokasinya berada di desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan wilayah Lumajang.  Harga tiket masuk ke Coban Ciblungan Rp.5000 per orangnya, dan untuk biaya parkir kendaraan roda 2 Rp.5.000 dan untuk roda 4 Rp.10.000. lokasi wisata Coban Ciblungan ini mudah ditemukan karena keberadaannya tidak jauh dari jalan raya jurusan Dampit – Lumajang. Jika kalian berangkat dari Kota Malang ambil rute ke arah Turen >> Dampit lalu menuju arah Tirtoyudo setelah itu ke Kecamatan Ampelgading kemudian lanjutkan ke Purwoharjo / PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Ampelgading. Waktu yang harus ditempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 65 km. Dan untuk lebih mudahnya kalian cukup klik maps dibawah ini guys 👇👇👇


Saya berharap semoga kedepannya nanti wisata Coban Ciblungan ini bisa memperbaiki fasilitas penting yang tentunya itu akan berdampak kepada peningkatan jumlah wisatawan dan sekaligus menjaga aset yang dimiliki oleh daerah tersebut.


Jangan lupa untuk mengunjungi juga tempat wisata di Malang lain dibawah ini ya guys: 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments