Pantai Srau Pacitan, Mancing Bos

By insight - January 27, 2019



Kota ini banyak yang lebih mengenal dengan sebutan kota seribu goa, kabupatenPacitan di Jawa Timur nyatanya punya banyak pantai-pantai eksotis yang sangat menggoda jika libur telah tiba. Salah satu pantai yang tak boleh kalian lewatkan saat sedang piknik ke Pacitan adalah pantai Srau, pemandangan pantainya elok banget loh. Hampir semua pantai yang ada di Pacitan memiliki pasir putih dengan ombak yang cukup besar layaknya pantai selatan tak terkecuali pantai yang satu ini. Deburan ombak yang ada di pantai Srau membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk surfing. Yang berkunjung tidak hanya peselancar lokal saja namun wisatawan manca (bule) juga banyak yang mampir ke pantai Srau untuk sekedar berselancar dan menikmati pemandangan orang sedang memancing.



Bagi wisatawan yang akan datang ke lokasi Pantai Srau tentunya harus mengeluarkan biaya untuk tiket masuk ke kawasan pantai. Harga tiket masuk ke Pantai Srau sanagt amat terjangkau bagi kami mahasiswa, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja.Harga tiket masuk itupun sudah termasuk biaya parkir kendaraan, murah kan? Pastinya, karena biasanya dibeberapa pantai itu ada 2 tiket yang terdiri dari tiket masuk dan tiket parkir.  Jam operasional wisata Pantai Srau adalah buka setiap hari selama 24 jam, oleh sebab itu banyak pula wisatawan yang memanfaatkan jam operasional tersebut untuk acara berkemah di Pantai Srau ketika weekend. 


Selain ombak besar dan pasir putih lembut yang begitu menggoda, daya tarik lainnya dari pantai Srau adalah keberadaan bukit-bukit karang yang memperindah pemandangan pantai. Oiyaa guys jika air laut sedang surut kita juga bisa berjalan menuju batu-batu karang untuk mencari spot foto terbaik yang tentunya akan manambah koleksi foto keren kalian guys. Dan dengan adanya bukit-bukit karang di pantai Srau membuat pantai ini terbagi menjadi tiga zona. Bagian zona pantai yang bisa digunakan untuk bermain-main air dan pasir adalah di zona yang paling barat. Di bagian lain, pantai sebelah barat ada sebuah sumber air tawar dan konon menurut warga sekitar dan juga teman saya yang asli pacitan tempat itu cukup angker. Cerianya ada sebuah villa di tempat ini namun kini sudah kosong. Pemilik villa memilih untuk meninggalkan villa ini karna sering diganggu oleh makhluk aneh. Begitulah kurang lebihnya cerita dari masyarakat setempat.




Lokasi pantai Srau berjarak sekitar 25 km dari pusat Pacitan, kita membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor agar bisa sampai ke lokasi pantai Srau. Lokasinya pantai ini cukup “terpencil” membuat pantai srau tidak terlalu banyak pengunjung. Karna saya aja tau pantai ini dari temen yang asli disini. Lokasi tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Keberadaannya bahkan belum diketahui banyak orang. Akses Pantai Srau memang masih cukup tersembunyi, namun sudah ada sedikit rambu papan petunjuk yang akan mengarahkan wisatawan ke lokasi.
Rambu petunjuk arah mulai terlihat sesudah melintasi jalur utama menuju ke Pantai Teleng Ria. kalian akan melewati daerah perkampungan yang kondisi jalannya mulai sempit, naik-turun, dan berliku. Menurutku wajar sih kalau jalan ke arah pantai seperti itu, nikmati aja perjalannya guys dan untuk lebih mudahnya silahkan klik maps dibawah ini aja 👇👇👇



Bila kalian berpapasan dengan kendaraan besar sebaiknya lebih berhati-hati karena jalannya memang tidak begitu lebar. Kalian cukup ikuti saja jalan perkampungan tersebut untuk sampai ke lokasi Pantai Srau. Pantai Srau merupakan pantai yang jarang dikunjungi wisatawan dan terbilang masih perawan. Oleh karena itu, keasriannya masih benar-benar terjaga alami. Pas banget untuk kamu yang menyukai pantai-pantai sepi agar kalian bebas memilih spot foto dan tidak tergaggu dengan orang lalu lalang. Untuk yang hobi nge-camp, pantai srau merupakan tempat yang sangat asik untuk seru-seruan bermalam bersama teman sambil melihat pemandangan bintang-bintang malam. Dan bagi wisatawan yang tidak ingin ribet dengan tenda dapat menjadikan rumah warga sekitar sebagai Homestay. Tarif yang ditawarkan cukup beragam, biasanya mulai sekitar Rp 60 ribu sampai Rp 130 ribu per malamnya.


Oiyaa agar kalian mendapatkan pemandangan sunset, datang saja ke pantai Srau pada sore hari saat cuaca sedang cerah. Silakan lihat sendiri bagaimana cantiknya sunset ditempat ini. Siapkan kamera yang bagus agar bisa di pamerkan ke temen pastinya. Dan jika temenmu tertarik  akan datang dengan membawa orang yang berbeda ketempat ini yang itu menjadikan tempat wisata ini menjadi hidup untuk perekonomian masyarakat sekitar dan untuk biaya pengelolaan pantai Srau.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments