Fashion Style Untuk Mahasiswa

By insight - July 16, 2019

Apakah kalian seorang mahasiswa? What should i wear today? Jika kalian bingung harus berpakaian seperti apa, coba deh simak tips dan penjelasan berikut ini. Mahasiswa merupakan sebutan orang yang mengenyam Pendidikan Tinggi di Universitas, Institut, maupun akademi baik yang memiliki status negeri ataupun swasta, mereka mempunyai identitas diri dikalangan masyarakat. Identitas diri sebagai mahasiswa terbangun oleh citra diri sebagai insan religius, insan dinamis, insan sosial, dan insan mandiri. Dari identitas mahasiswa tersebut memanggul tanggung jawab keagamaan, intelektual, sosial kemasyarakatan, dan tanggung jawab individual baik sebagai hamba Tuhan maupun sebagai warga bangsa dan negara. Untuk itu penampilan bagi seorang mahasiswa juga perlu diperhatikan karena hal itu bisa menunjang aktifitas sebagai mahasiswa saat berada di area kampus maupun di luar kampus.


Style fashion mahasiswa tentunya berbeda- beda setiap orangnya, hal itu karena banyak faktor yang mempengaruhinya bisa dari pergaulan, selera, ekonomi dll. Terlepas dari faktor yang mempengaruhi itu, seorang mahasiswa haruslah pandai dalam menata fashionnya. Sebelum jauh kita membahas tentang fashion, apa yang kalian pikirkan dengan kata fashion? Apakah tentang pakaian yang lagi hits saat ini, ataukah fashion itu pakaian yang branded dan mahal?. Sebenarnya fashion itu sendiri merupakan gaya penampilan yang digunakan seseorang setiap hari, mulai dari kehidupan sehari-harinya maupun pada saat acara formal maupun non formal yang bertujuan untuk menunjang penampilan. Kita tidak bisa menemukan waktu pasti kapan manusia menemukan fashion, karena sejak berabad-abad lalu manusia sudah mengenal fashion bahkan nabi pun mengenakan pakaian dengan fashion zaman itu. Memang pada zaman dahulu jenis fashion yang berkembang tidaklah seberagam pada zaman sekarang dan tidak mudah untuk memilikinya karena akses dan informasi belum berkembang seperti sekarang. Dengan adanya aplikasi yang menjual pakaian tentunya sangat memudahkan manuasia zaman sekarang untuk memilih fashion yang mereka inginkan. Berbeda dengan pada zaman dahulu, pakaian manusia saat itu sangat sederhana dengan hanya menggunakan bahan dasar kulit kayu maupun kulit binatang. Di Indonesia sendiri, konon perkembangan fashion dimulai pada saat munculnya Non Kawilarang dan Peter Sie pada tahun 1960. Pada awalnya memang fashion yang beredar di Indonesia lebih mengarah pada jenis fashion style daerah barat ala ala belanda, hal ini juga didasari bahwa bangsa Indonesia sempat dijajah oleh bangsa barat.


Fashion sendiri dapat digunakan setiap orang untuk menarik perhatian orang lain terlebih lawan jenis. Banyak orang yang mengubah gaya penampilan mereka demi untuk disukai sekelompoknya maupun orang yang dicintai. Fashion juga dikenal sebagai sarana untuk mengikuti tren yang sedang berlangsung pada masa sekarang ini. Tidak jarang seorang fashionable sangat memahami tentang perkembangan tren yang terjadi dalam masyarakat, bahkan tidak jarang seseorang menciptakan tren itu sendiri. Selain menjadi kebutuhan primer untuk menutup tubuh dan menunjang penampilan, lebih dari itu hakikat fashion merupakan gaya yang merepresentasikan hidup dan juga kepribadian seseorang sampai ada istilah "penampilan bukan segalanya tapi segalanya berawal dari penampilan".
Mungkin video dibawah ini akan membantu kalian menemukan style yang cocok 👇🏻👇🏻


So, jika kalian akan pergi ke kampus mungkin perlu sedikit waktu untuk mempersiapkan fashion seperti apa yang akan kalian pake hari itu. Pergi ke kampus bukan berarti identik dengan tampil apa adanya dan berantakan. Pakai batik kebesaran/kedodoran, sepatu yang kotor (terakhir dicuci tahun kemarin), celana jeans yang bolong-bolong (liat bolongnya di bagaian mananya), atau jaket organisasi yang terlalu lama ngendon di gantungan tanpa kesentuh detergen, adalah beberapa contoh yang ‘enggak banget’. Padahal pria itu nggak perlu pakai trik macem-macem yang serba ribet kok untuk tampil trendi. Cukup paling nggak memenuhi 3 syarat ini: bersih, rapi, wangi. Jika kamu sudah memenuhi ketiganya, percaya deh mahasiswi-mahasiswi di kampus kalian bakal nengok dua kali kok.  Jika kamu tipe mahasiswa yang simpel dan enggan untuk memakai pakaian berlapis-lapis cobalah kemeja dan jeans adalah jawaban paling tepat. Pilihlah kemeja dengan potongan body-fit, lalu padankan bersama jeans gelap kesukaanmu. Jangan lupa, pilihlah sepatu yang sesuai dengan keseluruhan warna pakaianmu. Dijamin deh kamu akan tetap tampil fashionable.

 
Di beberapa kesempatan walaupun bukan acara formal cabalah untuk kenakan batik pas badan andalanmu. Selain cinta budaya, kain batik juga nyaman dipakai di kita yang tinggal di iklim tropis. Memakai batik itu agak tricky Guys. Kita pasti setuju kalau batik itu keren, budaya Indonesia yang harus dilestarikan, dan kebanggaan kita akan naik berlipat-lipat ketika mengenakan batik. Namun di sisi lain ada syarat yang mesti kamu perhatikan juga lho supaya nggak ‘kondangan’ banget. Di antaranya adalah pilih potongan batik yang pas di badan, hindari motif yang terlalu rame (selera sih), dan utamakan yang berlengan pendek. Sebab batik lengan panjang lebih cocok kamu pakai buat kondangan sambil bergandengan dengan pasangan ciaaah..


Kemudian pakaialah sepatu yang nyaman ditambah bersih akan lebih baik untuk menemani kalian beraktifitas dikampus. Sepatu yang tetlihat bersih dan nyaman tentu lebih membuat bertambah percaya diri dan semangat pergi ke kampus. Sneakers dan boots bisa jadi referensimu lho.
kami sangat setuju bahwa sepatu sneakers memang sulit tertandingi. Tetapi ada baiknya juga jika kalian mau investasi sepatu yang agak-agak resmi untuk keperluan khusus. Misal untuk magang, untuk ujian sidang, wisuda, dan untuk kegiatan-kegiatan formal lain. Pada dasarnya punya dua pasang sepatu saja cukup kok, akan tetapi lebih dari itu juga gamasalah biar gak terkesan sepatumu itu- itu aja tapi kalo cuma adanya 2 pasang its oke. sepasang untuk kegiatan yang santai, sepasang lagi untuk acara semi formal. Percaya deh, sepatu-sepatu formal nantinya akan berguna juga ketika kamu mulai masuk ke dunia kerja.
Saya yang saat ini juga mahasiswa pun mengamati teman dan mahasiswa lainnya yang menurut saya sekarang sudah banyak yang fashionable, mungkin dengan adanya toko online memudahkan mahasiswa membeli pakaian yang cocok untuk dirinya. Memang ada perbedaan style antara anak S1 dan style anak S2, anak S2 condong lebih ke style formal karena sebagian juga sudah berumur di atas 30 an dan terbiasa menggunakan seragam kantor.



  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Hiya hiya hiyaaa, sediikit tambahkan semir rambut serta piercing di hidung dan alis, kesempurnaan telak menjadi milik anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mencoba kak, be happy dengan Style Fashion kamu 😂

      Delete