Pantai Pulau Merah, Banyuwangi : Nothing Special Without Y๐Ÿ’™U

By yahya fahmi - March 28, 2020

Liburan ke Pantai Pulau Merah, asik gak ya?! Long weekend di Banyuwangi tak lengkap rasanya jika tidak berwisata ke Pantai Pulau Merah. Karena sunset di sana itu begitu cakepnya masyaAllah. Sunsets are so beautiful that they almost seem as if we were looking through the gates of heaven. Sunset mengajarkan kepada kita bahwa keindahan tak harus di awal. ๐Ÿ˜‡


Sebenarnya banyak sekali tempat-tempat wisata di Indonesia yang menyuguhkan pengalaman untuk menyaksikan sunset yang indah dan menarik, salah tempat itu adalah Pantai Pulau Merah. Di sini kalian bisa menyaksikan matahari yang terbenam dengan pancaran senja yang sangat memukau mata. Perpaduan warna senja itu sering berubah-ubah, kadang berwarna oranye, ungu, atau berwarna merah merekah, sering muncul ketika matahari terbenam atau sunset. Pastinya tidak hanya memberikan pengalaman yang menarik, tapi juga memanjakan mata bagi siapa saja yang menyaksikannya. Asik sih! Duduk-duduk di pasir pantai sembari bercengkrama dan menikmati segarnya kelapa muda juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif saat kalian datang ke tempat ini. Dan jangan lupa pula untuk mencicipi aneka kulinernya yang yummy. ๐Ÿ‘Œ๐Ÿป

Tahun 2019 menjadi perjalanan pertama kali saya mengunjungi Pantai Pulau Merah atau yang dikenal dengan sebutan Red Island. Ini adalah tempat wisata ke kedua yang saya kunjungi setelah Kawah Ijen selama berada di banyuwangi pada tahun 2019. Banyuwangi memang sangat kaya akan wisata pantai, dan hal inilah yang menjadikan Banyuwangi sekarang lebih dikenal oleh wisatawan. Secara geografis hampir setengah wilayah Banyuwangi dikelilingi Pantai, dan salah satu pantai yang ramai dan kian di lirik oleh para wisatawan adalah Pantai Pulau Merah, padahal jakaraknya cukup jauh dari pusat Banyuwangi, Pantai Pulau Merah ini berlokasi di ujung selatan Banyuwangi. Waktu yang saya tempuh menuju lokasi saat itu kurang lebih satu jam setengah. Lokasi Pantai Pulau merah ini berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Agar lebih mudah mencarinya silahkan klik maps dibawah ini ๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป



Tak hanya ombaknya, Pantai Pulau Merah ini juga sangat dikenal wisatawan karena menjadi salah satu spot terbaik di Banyuwangi untuk melihat keindahan sunset yang berwarna kemerahan yang muncul perlahan dari balik bukit. Dan karna ombaknya juga pantai ini menjadi salah satu destinasi yang disukai terutama bagi mereka pecinta olahraga selancar (surfing), ombak di Pantai Pulau Merah ini disebut sebagai salah satu ombak yang terbaik di Jawa Timur dan sudah pernah dipakai sebagai ajang selancar internasional seperti: Banyuwangi International Surf Competition 2013 yang diikuti oleh 15 negara dan Indonesian Surfing Association (INSA).
Baca Juga ๐Ÿ‘‰๐Ÿป๐Ÿ‘‰๐Ÿป Taman Nasional Baluran (Afrika van Java), Banyuwangi   
Pantai ini selalu dipenuhi oleh Surfer baik yang profesional maupun pemula, bahkan tak hanya surfer dari dalam negeri saja yang berselancar di pantai ini, beberapa surfer mancanegara selalu ada setiap harinya. Banyak dari mereka memilih untuk menginap di pantai ini selama berhari – hari atau bahkan sampai berminggu – minggu. Ketika kalian berencana ingin menginap dan menghabiskan malam di Pantai Pulau Merah, kalian dapat menyewa homestay disekitar pantai yang disediakan oleh masayarakat setempat. Harga sewanya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan penginapan yang ada di tempat wisata lain, yaitu mulai dari Rp 100.000 per malam. Kalian juga dapat memilih homestay yang sesusai dengan fasilitas yang di inginkan. Fasilitas yang diberikan di beberapa homestay yang ada, seperti kamar tidur, bed, TV, Air Conditioner dan lain – lain. Fasilitas tersebut tergantung dari harga yang dipilih. Selain dapat menikmati keindahan panorama sunset, kalian juga akan bertemu dan bercengkrama langsung dengan wistawan dari berbagai negara yang juga menginap di area homestay. Agar kalian tidak penasaran dengan Pantai Pulau merah langsung aja klik video dibawah ini deh untuk lebih jelasnya ๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป๐Ÿ‘‡๐Ÿป


Sampai saat ini, pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah mengadakan event surfing rutin setiap tahunnya. Dan event tersebut melibatkan peserta dari 20 negara diseluruh dunia. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menarik wisatawan agar mengunjungi Banyuwangi, karena memang saat ini pemerintah Banyuwangi fokus mengembangkan pariwisata lokal.  Jika kalian kesini tidak membawa papan selancar, dapat menyewanya di tempat penyewaan yang ada di pinggir pantai. Biasanya harga sewa satu papan selancar sebesar Rp 50.000.
Baca Juga ๐Ÿ‘‰๐Ÿป๐Ÿ‘‰๐Ÿป Pesona Blue Fire Di Kawah Ijen, Banyuwangi

Pantai pulau merah ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang kurang lebih 3 Km. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 meter dan akan terlihat jelas oleh kalian. Ketika dihampiri ternyata di belakang bukit kecil ini terdapat batuan karang yang cocok untuk dijadikan sebagai spot foto. Di sebelah timur Pantai Pulau Merah, wisatawan disuguhi dengan panorama berupa pegunungan. Sedangkan di sisi barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan  keindahan sunset atau matahari terbenam. Selain pemandangan yang menawan, pantai Pulau Merah memiliki ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter yang dikelilingi oleh pohon mangrove. 

Harap diperhatikan, bila ombak disini kurang dari 2 meter, maka sobat wisatawan masih diperbolehkan untuk berenang di laut. Namun, bila ombaknya mencapai lebih dari 2 meter atau bahkan sampai 5 meter langsung akan ada larangan dari petugas. Kecuali, untuk para peselancar profesional. Bagi para pemula, mendingan jangan dulu deh, utamakan keselamatan karena cukup berbahaya.


Keamanan berwisata di Pantai Pulau Merah sangat diutamakan oleh pihak pengelola, buktinya terdapat petugas yang selalu mengawasi sekaligus mengamankan apabila ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak di inginkan, terutama kepada mereka yang melakukan olahraga renang di Pantai. Di Pantai Pulau Merah terdapat tower setinggi 5 meter yang digunakan oleh petugas untuk memantau dan memastikan keamanan di sepanjang area pantai.
Baca Juga ๐Ÿ‘‰๐Ÿป๐Ÿ‘‰๐Ÿป Pantai Kasap, Pacitan: Panorama Pantai Dari Atas Bukit
Untuk harga tiket masuk wisata ini hanya akan Tarik sebesar 10 ribu rupiah saja. Asyiknya lagi, tidak akan ada penambahan biaya parkir. Parkirnya pun cukup mudah dan dekat. Bagaimana, asik sekali bukan masuk pantai pulau merah ini?


Jangan lupa untuk mengunjungi juga tempat wisata lain dibawah ini ya guys:  


  • Share:

You Might Also Like

0 comments